Tools

Beli 2 Bonus 1
0822 3385 2561

Sejarah Terciptanya Kondom Yang Populer Saat Ini

Sejarah Terciptanya Kondom Yang Populer Saat Ini - Kondom umumnya diterapkan oleh pasangan yang tak berkeinginan kegiatan bercintanya berujung ke hal-hal seperti kehamilan atau potensi  mengidap penyakit Infeksi Menular Seksual (IMT). Tetapi, tahukah Anda bahwa kondom tidak serta merta senantiasa terbuat dari bahan lateks yang biasanya diterapkan di era modern ini.

Selama berabad-abad, kondom sudah mengalami banyak perubahan dari segi bahan yang diterapkan untuk membuatnya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, amati sejarah singkat kondom, di bawah ini.

Semenjak jaman Mesir Kuno, pandangan baru untuk mencegah penyakit menular seksual (PMS) dan perbuatan mencegah kehamilan telah ada. Pada jaman itu, para pria memakai "kondom" yang terbuat dari kandung kemih hewan.


Sejarah Kondom Berduri


Memang belum ada fakta apakah "kondom" pada jaman Mesir Kuno itu sebagai alat kontrasepsi atau kebutuhan ritual agama. Tetapi, dapat dikatakan kondom merupakan alat kontrasepsi tertua yang diketahui umat manusia.

Tahun 1564, Gabrielle Fallopio, seorang pakar anatomi, menulis malahan ia sudah menghasilkan sebuah sarung untuk penis yang terbuat dari bahan linen. Menurutnya, sarung ini dapat mencegah penularan penyakit seksual.

Inspirasi Fallopio terbukti benar-benar menarik bagi Raja Charles II sebagian tahun kemudian. Pada tahun 1600-an, berdasarkan cerita, sang raja memerintahkan Dr. Condom untuk mencari metode supaya dirinya tak tertular penyakit seksual  atau mempunyai buah hati yang tak diharapkan. Solusi yang diberi Dr. Condom ialah penerapan sarung dari usus binatang.


Hingga kini, masih terjadi polemik apakah pemakaian nama Kondom (Condom) diambil dari nama Dr. Condom atau Bahasa Latin, "condun", yang artinya "melindungi". Sayangnya, "kondom" yang dipakai Raja Charles II ini tak tepat sasaran.

Kondom modern timbul pada tahun 1839, ketika itu Charles Goodyear menemukan cara kerja vulkanisasi. Progres ini memungkinkan karet menjadi elastis dan tahan lama. Berkat hal yang demikian, kondom mulai diproduksi masal tahun 1844.

Tahun 1912, Julius Fromm menemukan metode pembuatan kondom dengan cetakan kaca. Cetakan kaca ini dicelupkan berkali-kali ke larutan karet mentah lalu dikeringkan dengan udara panas. Kondom yang dibuat bahkan lebih tipis, lebih elastis dan tak mempunyai lapisan di kedua sisinya. Inilah pertama kalinya diciptakan kondom sekali gunakan.

Kini, kebanyakan kondom diciptakan dari lateks atau plastik. Tipe kondom bahkan makin banyak bermunculan seperti penambahan wewangian buah. Hingga dikala ini bahkan, kondom diandalkan dapat mencegah penularan penyakit menular seks dan HIV. Kondom juga dipakai sebagai alat kontrasepsi.

Seorang imigran Jerman bernama Julius Schmid mendirikan perusahaan kondom bernama Ramses dan Sheik. Pada permulaan 1900-an, Schmid membikin kondom dari karet, dan perusahaannya menjadi salah satu produsen kondom terlaris di Amerika.

Kompetisi produksi kondom baru terjadi pada 1916, saat Merle Young mengawali Perusahaan Karet Muda dan mewujudkan salah satu merek kondom paling berhasil dalam sejarah yang dinamai Trojan.

Sekarang, perusahaan penghasil kondom terus berinovasi dan telah banyak variasi kondom yang dipasarkan, semisal kondom dengan wewangian buah-buahan dan kondom dengan desain tertentu yang dapat menambah kepuasan pasangan suami isteri dikala bercumbu.

Pada tahun 2013 Miliarder bernama Bill dan Melinda Gates, menawarkan $100,000 untuk desain kondom yang paling menjanjikan untuk generasi ke depan. Tantangannya ini bahkan memicu perhatian media dan membawa perhatian masyarakat pada sebagian kreasi kondom yang menjanjikan di masa depan, seperti semisal origami kondom yang banyak di puji.